foto bersama

Minggu, 06 Desember 2020

Produktif di Masa Pandemik, Lahan Sekolah Ditanami buah dan Sayuran

 


Ngadirojo- Dampak Pandemi covid 19 terutama dalam dunia pendidikan mengharuskan peralihan pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh/Daring. Pada masa pandemik Covid-19 ini, kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Ngadirojo dilaksanakan secara  Online /Daring .

Selain dari pada Kegiatan belajar mengajar secara online, kegiatan di luar jam sekolah pun diisi  berbagai kegiatan dalam upaya mewujudkan Sekolah Adiwiyata yang telah dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki dengan tanaman hias, sayur-sayuran, buah-buahan, dan perikanan. Penanaman pohon juga dilakukan SMP Negeri 2 Ngadirojo



Sejumlah jenis sayuran ditanam di green house sekolah, seperti kenikir, kacang panjang, sawi,bayam,selada, cabe  hingga daun ketela dan akan panen dengan kisaran waktu lima hingga enam minggu. Hasil panen dari tanaman sayur ini tidak untuk dijual, melainkan untuk dibagikan kepada dewan guru dan karyawan.

Lahan di belakang gedung sekolah pun ditanami berbagai macam buah,  antara lain mangga, pisang, nangka, nanas, papaya. Banyaknya pohon mangga yang ditanam di sekeliling halaman sekolah membuat hasil panennya melimpah, sehingga buahnya bisa dijual. Uang hasil panen mangga ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan guru dan karyawan di SMP Negeri 2 Ngadirojo.



Kegiatan ini diinisiasi oleh sejumlah guru dan karyawan SMP Negeri 2 Ngadirojo untuk mengisi waktu dengan hal-hal produktif selama kegiatan belajar mengajar di  sekolah berhenti. Tentunya kegiatan tersebut bisa terlaksana  karena   dukungan dari kepala sekolah, yaitu Bapak Marino,S,Pd., M.Pd.

Kegiatan yang dilakukan para guru dan karyawan  di SMP Negeri 2 Ngadirojo  selama pandemi ini, bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk menerapkan kegiata


0 komentar:

Posting Komentar