foto bersama

Sabtu, 20 Agustus 2022

Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI Kecamatan Ngadirojo,Wonogiri

Kecamatan Ngadirojo menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dengan tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Upacara HUT  Kemerdekaan ke-77 dilaksanakan Rabu, 17 Agustus 2022 di lapangan Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

Dalam upacara HUT Kemerdekaan ke-77 sebagai inspektur upacara  dan pembaca  teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah camat Ngadirojo Andika Krisnayana Ap., M.Si. Komandan upacara Pelda Suparman, dan pembawa acara Choirul Fadhi Pradian Putri, S.Pd., M.Pd. Regu paduan suara  dari PGRI Kecamatan Ngadirojo. Paskibraka (Pasukan pengibar bendera) dari SMK Daya Wangsa Ngadirojo, Wonogiri. Siswa pengibar bendera adalah Rifky Ryandi,  Lilik Aji Marsando, dan Rahma Firdian Aliansah. Sedangkan Pembawa baki bendera merah putih  Fanesa Okta Afelia.

 

Pukul  08.30 WIB peserta memasuki lapangan upacara dengan deville secara tertib. Peserta upacara HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia  diikuti oleh SMK Daya Wangsa Ngadirojo, SMPN 1 Ngadirojo, SMPN 2 Ngadirojo, SMPN 3 Ngadirojo, Korps Pegawai Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, Perangkat Desa Kecamatan Ngadirojo, Perguruan tinggi BMW Ngadirojo, Pondok pesantren Al-Iman, Persatuan Pencaksilat Kecamatan  Ngadirojo, serta tamu undangan.

Upacara diawali komandan upacara memasuki lapangan upacara dan  mengambil alih pasukan. Camat Ngadirojo Andika Krisnayana Ap.,M.Si  selaku inspektur upacara memasuki lapangan upacara. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara bahwa upacara pengibaran bendera siap dilaksanakan. Dilanjutkan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka (Pasukan pengibar bendera) dari SMK Daya Wangsa Ngadirojo berjumlah 33 siswa. Pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya berhasil ditunaikan dengan baik oleh Paskibraka SMK Daya Wangsa Ngadirojo.

Setelah hening cipta selesai, tepat pukul 10.00 WIB detik-detik proklamasi diiringi bunyi sirine, kentongan dan lain-lain berkumandang. Dilanjutkan dengan tanda kebesaran buka, penghormatan pasukan, dan Inspektur Upacara Andika Krisnayana Ap., M.Si Camat Ngadirojo  membacakan teks proklamasi.


Amanat inspektur upacara menyampaikan sambutan Bupati Wonogiri Joko Sutopo bahwa peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia  harus menjadikan seluruh lapisan masyarakat dengan segala daya dan upaya. Seluruh elemen bangsa bersatu menjawab tantangan perjalanan ke masa depan dengan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Dengan sesanti Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri benar telah menjadi satu sesanti yang merasuk dalam hati sanubari menyatakan elemen masyarakat. “Nyawiji lebih dari bersama, nyawiji lebih dari menyatu, karena dalam nyawiji  muncul sinergi dan kolaborasi yang saling menguatkan dalam mencapai hasil yang semakin baik,” untuk mewujudkan Wonogiri yang maju, mandiri, dan sejahtera mengharapkan komponen pemerintah dan masyarakat harus menyusun satu pola terbaik yang mampu menjadi solusi dari setiap masalah yang ada.

Upacara diakhiri pembacaan doa oleh Zainal Arifin S.Ag selaku Kepala KUA Kecamatan Ngadirojo dan persembahan lagu-lagu kebangsaan, serta laporan komandan upacara kepada inspektur upacara bahwa rangkaian peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia telah selesai dilakukan. Inspektur upacara meninggalkan lapangan upacara. Peserta upacara meninggalkan lapangan upacara dengan deville secara tertib dan rapi.



8 komentar:

  1. Bagus, semoga siswa siswa esperojos semakin berkembang ke arah positif, Amiin

    BalasHapus
  2. Smangat anak-anakku, smangat teman" ku, smangat Ngadirojoku, saiyeg saeka kapti nyawiji mbangun Wonogiri, linambaran niat suci, semoga Allah SWT memberkahi...aamiin

    BalasHapus
  3. esperojos luar biasa berkat pembimbingan guru² yg luar biasa, esperojos terus bangkit dan bergerak maju pantang mundur, merdeka.👍

    BalasHapus
  4. Semangat Bp/Ibu Guru, esperojos memang luar biasa

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Semangat ya....Semoga esperojos semakin terdepan dalam prestasi

    BalasHapus
  7. Maju pantang mundur. espero.prima. josss

    BalasHapus